Jenis Ayam Hias Unik di Dunia

Jenis ayam hias unik – Ayam merupakan salah satu jenis hewan peliharaan yang banyak di budidayakan dikalangan masyarakat, baik untuk tujuan peluang usaha, kebutuhan sendiri ataupun hanya sekedar hobi. Jenis ayam yang di pelihara masyarakat pun sangat beragam, jika untuk dijadikan untuk tujuan usaha atau kebutuhan konsumsi biasanya jenis ayam yang dipelihara seperti ayam kampung, ayam broiler (pedaging), ayam petelur dan sejenisnya, tetapi jika untuk tujuan hobi biasanya banyak orang yang memelihara ayam aduan seperti ayam Bangkok, birma, Vietnam atau ayam hias seperti ayam serama, ayam Poland dan masih banyak jenis ayam hias lainnya.

Membahas mengenai jenis ayam hias, sesuai topik yang akan saya bahas kali ini. Tetapi jenis ayam yang akan saya bahas yaitu ayam hias yang memiliki keunikan beda dari biasanya.

5 Jenis Ayam Hias Unik

Berikut ini merupakan jenis ayam hias unik yang dapat anda ketahui, diantaranya yaitu :

  1. Ayam Hias Serama

jenis-ayam-hias-serama

Jenis ayam hias yang satu ini berbeda dengan jenis ayam hias pada umumnya, ayam serama memiliki ukuran tubuh yang sangat kecil yang hanya memiliki bobot rata-rata sekitar 300 gram. Bahkan ayam ini dianggap sebagai jenis ayam terkecil di dunia menurut American Poultry Association dan American Bantam Association.

Keunikan dari ayam serama yaitu dari kebiasaannya yang selalu membusungkan dadanya hingga kepala tertarik kebelakang yang mirip seperti seorang prajurit yang gagah, kebiasaan ini bertujuan untuk menarik lawan jenisnya. Penampilannya semakin menarik dengan ditunjang warna bulunya yang warna-warni dan juga ekornya yang menjulang ke atas, sehingga ayam ini banyak yang melirik dan ingin memeliharanya.

Asal usul dari ayam ini belum diketahui dengan pasti, bahkan ada yang bilang jika ayam ini berasal dari Malaysia dan ada juga yang bilang jika ayam ini hasil dari persilangan ayam yang memiliki bentuk dan karakteristik sama. Namun ayam ini sering dikatakan mirip dengan ayam kate, tetapi tentunya ayam kate dan ayam serama berbeda. Untuk membedakannya terlihat dari bentuk tubuh dan juga bobotnya, karena ayam serama memiliki bobot tubuh yang lebih kecil dari ayam kate. Selain itu, dari kebiasaannya pun tidak dapat dilakukan ayam kate. Tetapi bagi orang yang awam, perbedaan ini tidak akan tampak jelas dan sulit untuk membedakannya.

  1. Ayam Poland

Jenis Ayam Poland

Banyak yang berangapan jika ayam ini merupakan jenis ayam yang berasal dari Polandia yang sesuai dengan namanya, tetapi dari hasil penelitian yang telah dilakukan tidak terbukti jika ayam ini berasal dari Negara Eropa bagian timur yang disangkakan. Keunikan dari ayam hias yang satu ini yaitu terletak pada jambul dikepalanya, bahkan jika jambul itu tumbuh lebat seakan-akan ayam Poland tidak memiliki mata karena tidak terlihat jelas. Keindahan njambul tersebut menjadi daya tarik tertentu bagi para pecinta ayam polan, karena warna dari jambul tersebut dapat berbeda-beda dan dapat lebih dari dua warna dan bentuknya juga dapat tersusun dengan rapi. Walaupun ukuran tubuh ayam polan terbilang kecil, tetapi tetap lebih besar jika di bandingkan dengan ayam kate dan serama. Keindahan dari jambul tersebut dapat mempengaruhi nilai jual ayam tersebut, jika semakin indah maka harganya pun akan semakin tinggi.

  1. Ayam Hias Onagadari

Ayam Hias Onagodari

Ayam hias yang satu ini merupakan jenis ayam hias yang memiliki keunikan yang tidak dimiliki oleh jenis ayaam lain, keunikannya sendiri terletak pada ekornya yang sangat panjang dan memiliki pertumbuhan ekor yang sangat cepat dan bahkan panjang ekor ayam tersebut dapat mencapai hingga 10 meter. Ayam ini berasal dari jepang, sesuai dengan namanya yang dari bahasa jepang dengan arti unggas ekor panjang. Tetapi hanya ayam Onagodari jantan saja yang memiliki ekor panjang, tujuannya yaitu untuk memcari perhatian dari lawan jenisnya. Sedangkan dari cara pemeliharaannya, diperlukan pemeliharaan yang memerlukan kesabaran dan juga ketelatenan dalam merawat ayam hias ini, seperti dari pemberian pakan yang bernutrisi baik dan jangan sampai telat. Namun saat ini ayam ini sangat langka, karena selain harganya yang sangat tinggi yang mencapai hingga puluhan juta rupiah, maka hanya dimiliki oleh orang-orang tertentu saja.

  1. Ayam hias Sebright

Ayam hias Sebright

Ayam hias yang satu ini merupakan jenis ayam kate tertua di Negara Inggris, ayam ini pertama ditemukan pada tahun 1880 oleh seseorang yang bernama Sie Jhon Saunders Sebright. Untuk mendapatkan ayam hias yang cantik ini, penemu melakukan percobaan dengan menyilangkan dengan ras lain dan akhirnya tercipta jenis ayam yang cantik ini.

Keunikan dari ayam ini yaitu dari warna dasar bulunya dan juga dari bentuk pialnya, hanya terdapat dua jenis warna dasar yaitu warna cokelat keemasan dan warna dasar putih perak yang memiliki lis hitam pada bagian sisi tepi bulunya.di indoneis sendiri ayam hias ini dikenal dengan sebutan ayam kanada untuk ayam yang berwarna cokelat keemasan, sedangkan untuk yang berwarna putih perak dikenal dengan sebutan ayam batik itali. Ayam Sebright senang berkeliaran kesana-kemari, sehingga harus dipelihara di lahan yang cukup luas, ayam ini juga sering melakukan kebiasaan membuat sarang diatas dahan. Bobot ayam Sebright jantan sekitar 0,74 kg, sedangkan ayam betina sekitar 0,60 kg.

  1. Ayam Hias Silky atau Ayam Kapas

Ayam Hias Silky

Jenis ayam yang satu ini memiliki keunikan pada bulunya, folikel dari bulu ayam Silky tidak melekat dengan folikel bulu yang lainnya sehingga bulunya itu hampir mirip dengan sutra atau kapas. Kenapa ayam ini disebut dengan ayam kapas, ini dikarenakan bulunya yang sangat lembut dan halus bagaikan kapas. Maka tak heran jika banyak para pecinta ayam hias yang jatuh cinta dengan ayam yang berasal dari negeri cina ini. Selain itu, cara pemeliharaan ayam yang satu ini pun tidak terlalu rumit, sehingga bagi anda yang tidak terlalu paham pun dapat memeliharanya.

Walaupun ayam ini memiliki nama ayam kapas, tetapi sebenarnya warna bulu ayam ini juga dapat beragam mulai dari warna hitam ataupun merah. Bahkan di Amerika  ayam jenis ini memiliki keberagaman warna yang cantik dan menarik mulai dari abu-abu, burik, kuing, dan masih banyak lagi warna bulu yang lainnya. Keunikan dari ayam ini yaitu memiliki jari kaki lima yang berbeda dengan jenis ayam pada umumnya yang hanya memiliki jari kaki empat.

Pada ayam betinanya memiliki produksi telur yang cukup banyak dan juga merupakan ibu ayam yang sangat penyayang, ini ditandai dengan cara mengerami telurnya yang sangat telaten dan mampu menjaga telur-telurnya dari binatang lain yang mengganggu.

Demikianlah informasi yang dapat saya sampaikan mengenai jenis ayam hias unik, semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan sedikit menambah pengetahuan anda semua. Terima kasih dan sampai jumpa.